Minggu, 30 Januari 2011

Fungsi Otak Yang Menakjubkan

0 komentar

Fungsi otak adalah mencakup belajar, ingatan, pertimbangan, bahasa, dll. Fisiologi fungsi-fungsi tersebut masih sangat kabur dan sulit dipelajari karena beberapa fungsi ini hanya terdapat pada manusia, sedangkan studi eksperimental pada manusia sangat dibatasi oleh moral dan hukum.
Beberapa fungsi utama otak adalah sebagai berikut:
1. Belajar
- Beberapa stimulus (rangsang) yang penting akan membangkitkan seseorang yang berkepentingan. Contoh: seorang ibu dapat tidur pulas pada ruangan yang ribut tetapi akan segera bangun jika bayinya menangis.
- Seseorang yang memperhatikan sesuatu akan mengabaikan stimulus lainnya.Contoh: tidak mendengar panggilan seseorang ketika sedang asik membaca komik. Jadi faktor perhatian sangat pentingh dalam berhasil tidaknya proses belajar.
- Condition reflex, contoh klasik adalah eksperimen pavlov. Suatu bel dibunyikan sebelum daging diberikan pada seekor anjing. Setelah dilakukan berulang-ulang maka bunyi bel akan menyebabkan sianjing akan mengeluarkan liurnya. Para pendidik mengembangkan condition reflex dengan jenis lain, yang berupa pujian (ganjaran) ataupun hukuman. Misalnya seseorang yang diperintahkan untuk melompat setinggi mungkin dan yang tertinggi mendapatkan hadiah. Hal ini sangat penting untuk suksesnya proses belajar. Kejadian hakiki dari conditional reflex adalah terjadinya jalur-jalur hubungan fungsional didalam sistem saraf. Pada eksperimen pavlov terjadi hubungan antara daerah –daerah oendengaran di otak dengan pusat-pusat otonom yang mengatur keluarnya air ludah.
2. Ingatan (Memory)
a. ingatan jangka pendek, merupakan proses memanggil kembali kedalam kesadaran pikiran-pikiran yang telah berlangsung beberapa saat yang lalu. Suatu teori tentang ingatan baru ini adalah terdapat suatu sirkuit impuls yang berputar-putar terus diantara neuron 1 ke neuron 2, ke neuron 3, ke neuron 4, ke neuron 5 dan kembali lagi ke neuron 1, dan seterusnya sehingga bila sekali dinyalakan maka impuls akan menjalar terus berjam-jam sampai berhari-hari. Ingatan baru mudah terganggu oleh berbagai gangguan otak misalnya pada geger otak, sseorang tidak bisa mengingat peristiwa-peristiwa yang terjadi beberapa saat sebelum geger otak terjadi.
b. ingatan jangka panjang, ialah suatu igatan yang mencakup pikiran /peristiwa yang terjadi berbulan-bulan atau bertahun-tahun yang lalu. Ingatan lama sangat stabil dapat bertahan walaupun seseorang telah mengalami geger otak ataupun degenerasi otak misalnya pada orang tua yang telah pikun, masih dapat mengingat peristiwa masa kanak-kanaknya, ingatan lama diduga disimpan sebagai perubahan-perubahan biokimiawi dalam sel-sel saraf, yaitu perubahan sintesa protein dan protein-protein ini bisa merubah (memperlancar) transmisi impuls pada sinaps. Dengan demikian jika kita berpikir maka sinaps-sinaps tertentu dalam 1 sirkuit akan dipacu dan impuls akan menjalar sehingga menghasilkan ingatan lama. Secara teoritis kita bisa menerangkan baha dengan mengulang-ulang ingatan baru akan merangsang diproduksinya protein-protein tertentu yang berguna untuk terbentuknya ingatan lama.
Semoga membantu

0 komentar:

tidak menemukan yang anda cari? coba pencarian google!